Desa Penggung merupakan salah satu dari sembilan desa di Kecamatan Boyolali dimana tiga desanya sekarang sudah menjadi kalurahan yaitu Banaran, Pulisen dan Siswodipuran.  Secara geografis wilayah Penggung terletak di sebelah utara Kota boyolali yang dibelah dengan jalan protokol  Solo-Semarang. Desa yang berpenduduk 00000 jiwa ini bermukim diluas wilayah Desa Penggung yaitu 000000 hektar yang terdiri dari 11 RW dan 69 RT. Desa Penggung secara administratif berbatasan dengan :
Desa Winong Kecamatan Boyolali             :  Sebelah Selatan
Desa Candi Kecamatan Cepogo               :  Sebelah Barat
Desa Sidomulyo Kecamatan Ampel          :  Sebelah Utara
Desa Kiringan Kecamatan Boyolali           :  Sebelah Timur

Dengan ketinggian sekitar 200 m dari permukaan laut dan suhu rata-rata (22C – 270 C) membuat Desa Penggung menjadi pemukiman idaman bagi siapa saja.  Jarak antara pusat pemerintahan kota Boyolali dengan Desa Penggung sekitar  7 km dan jarak ke pusat kota Propinsi sekitar 70 km.

Kondisi sarana prasarana wilayah sudah hampir merata seperti jaringan listrik sudah dapat dikatakan merata, sarana air bersih terdiri dari sumur, jaringan pipa dari sumber air maupun dari PDAM, Jaringan jalan berada di sepanjang jalan nasional –Hotmix dan jalan desa-aspal/betonisasi meskipun belum keseluruhan terealisasi.

Dengan mata pencaharian beragam namum sebagian besar penduduk Desa Penggung adalah petani dan pedagang.  Pusat pembuatan keranjang ayam juga mendominasi beberapa dusun di wilayah ini.

Beberapa kantor pelayanan dan sekolah juga sudah ada di antaranya kantor DPUPK kabupaten Boyolali, Puskesmas Boyolali II, POM Bensin, Pabrik, Hotel, Pasar dan sekolah dasar ada di desa penggung.

Berbagai tradisi masih melekat sekali di desa ini antara lain bersih desa dengan wayang kulit yang di adakan setiap tahun, kenduri, sadranan, suronan dan lain sebagainya.